Cara Sholat Berjamaah untuk Wanita

23 June 2006 at 12:12 pm | Posted in Fiqih | 5 Comments

1. Jika wanita berjamaah sesama wanita lagi, maka posisi imam berada ditengah-tengah dan sejajar dengan makmum. Dalilnya dalah sebagai berikut:

Sesungguhnya Nabi s.a.w. mengangkat seorang muadzin bagi Ummu Waraqah, dan membolehkan baginya untuk mengimami penghuni rumahnya, atau para wanita saja. (HR. Ibnu Majah).

Aisyah Radhiyallahu Anha mengimami para wanita dan berdiri bersama mereka dalam satu shaf. Demikian juga yang dilakukan oleh Ummu Salamah. Sebagian imam berpendapat bahwa jika wanita menjadi imam bagi wanita lagi, dia berdiri sejajar dalam shaf dan tidak berdiri di depan. Tetapi kalau dia berdiri di depan, maka shalatnya dan shalat makmum sah karena tidak ada satu pun dalil yang melarangnya.

2. Berimam kepada ikhwan yang non muhrim dibolehkan dengan syarat tidak hanya berdua (tapi harus disertai mahramnya), karena jika hanya berdua, maka akan termasuk khalwat yang dilarang oleh Rasulullah, sekalipun untuk melakukan shalat. Posisi wanita adalah dibelakang imam sekalipun dia sendirian, dalilnya adalah sebagai berikut:

Imam Abdurrazaq dan Malik meriwayatkan dari Ishaq bin Abdullah bin Abu Thalhah, dari Anas bin Malik dari neneknya, Mulaikah, bahwa dia mengundang Nabi s.a.w. untuk mencicipi makanan yang dibuatnya, lalu beliau makan dan berkata, “Bangunlah kalian marilah kita shalat.” Anas berkata, “Lalu aku beranjak ke tikar kami yang telah menghitam karena sering dipakai dan memercikinya dengan air. Nabi bangkit, maka aku dan anak yatim berada pada satu barisan (shaf) di belakang dan wanita berada di belakang kami, lalu beliau shalat dua rakaat bersama kami. Setelah itu beliau pergi. Shahih Bukhⲩ 2/352.

Ust. Iman Sulaiman Lc.

Sumber : http://syariahonline.blogspot.com/2005/07/cara-sholat-berjamaah-untuk-wanita.html

About these ads

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Saya mau tanya, ketika imam baca fatiha apakah makmum diam dan tidak membaca fatiha, dan apa memang benar kita imam baca ayat pendek kita baru baca fatiha

  2. Assalamu’alaikum Wr. Wb

    langsung saja saya mau tanya tentang :

    Bagaimana hukumnya. jika di seorang suami menjadi imam sholat di dlm rumah tangganya (istri menjadi makmum), akan tetapi Si Istri lebih fasih dalam membaca AL-QUR’AN?

    sebelumnya saya ucapan terima kasih.

    WAssalamu’alaikum Wr. Wb.

  3. InsyaALLOH gpp.

  4. alhamdulillah… artikel ini bagus dan bermanfaat untuk wanita muslimah…

  5. sangat bermanfaat..syukron,,


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com. | The Pool Theme.
Entries and comments feeds.

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: