Renungan di Ujung Ramadhan

16 October 2006 at 7:31 pm | Posted in Taujih | 5 Comments

Ya Allah, kaki ini meniti lemah anak tangga diantara gelap masjid-Mu. Malam ini sudah masuk 10 malam terakhir Ramadhan, malam ke-24 dari untaian malam berkah.
Hati berseru takbir dengan kepalan jari-jari lemas terurai lagi. Ya Allah ijinkanlah aku menjumpaimu pada malam-malam terakhir ini, setelah sekian malam aku hanya bergulat dengan dunia. Seharian aku dikejar amanah pekerjaan dan mengurusi keluarga, yang semakin menghabiskan waktuku.
Bahkan aku terpaksa harus “i’tikaf” di kantor mengingat target pekerjaan yang tak mengenal toleransi. Malam ini, aku ingin bercumbu penuh khusuk dengan-Mu, dengan tubuh diselimuti gigil ngilu.
Bacaan Al-Qur’anku tertinggal waktu. Malu pada jam yang tetap istiqomah berputar, tapi amalanku tak pernah mau untuk istiqomah berjalan. Tarawih dan Qiyamu Lail semau gue, apakah Engkau terima ya Rabb ? hanya Engkau yang maha menentukan hasil dari semua usaha, aku tak sanggup mendengarkan hasil perhitunga-Mu saat ini.
Amalanku yang dijejali riya’ semoga Engkau ampuni. Berapa kali shadaqohku?
Ah lagi-lagi aku malu pada kotak shodaqoh, pada tangan kanan kiri yang selalu melihat ketika kurogoh uang saku. Yang kumasukkan hanya secarik uang kertas yang paling kecil dan lusuh.
Ramadhan kali ini menyisakan sayatan pilu di ruhaniku. Aku tak mampu menghisab diri dari kebaikan dan keburukan, dari amalan dan dosa, apalagi dari ikhlas dan riya’.
Bukan terlalu banyak, tapi terlalu kecil dan tak ter-indera. Semuanya aku kembalikan pada-Mu, 23 hari kulewati tanpa makna secuil pun yang tergores di kalbu. Bukan ini mauku … Bukan ini tujuanku …
Tapi inilah yang sudah kudapat sampai saat ini … Sebuah keterlambatan …
Ya Allah, terangkanlah padaku tentang makna keterlambatan. Semuanya sudah berjalan jauh, tapi aku masih berlari kecil di tempat. Lelah ini kulahap sendiri. Ingin rasanya berlari sekencang mungkin untuk menyusul mereka yang telah jauh.
Ya Allah, berikanlah hamba keluangan dan kesempatan untuk menangis di pangkuan-Mu, untuk mengejar keterlambatan ini.
Ya Allah, ijinkanlah hamba-Mu ini memulai lagi. Merangkai malam-malam sunyi menjadi parade dzikir untuk-Mu. Mencuci diri dari noda, yang entah dari mana harus kumulai membersihkannya. Merangkak menggapai maghfirah-Mu.
Ramadhan masih tersisa beberapa hari lagi. Dan masih ada Lailatul Qadar yang senantiasa menunggu jelmaan manusia-manusi yang Dia ridhoi.
Aku sangat menyadari betapa tidak pantasnya diri ini menerima anugerah-Mu itu. Tapi, apakah salah jika manusia dungu dan hina ini menginginkan syurga-Mu ya Rabb? …
Ya Allah … Ya Rabb … ijinkanlah aku menapaki keterlambatan dengan beribu semangat juang.
Agar aku bisa sampai kehadirat-Mu seperti juga mereka yang telah sampai mendahuluiku.
Ijinkanlah aku mendapatkan anugerah Lailatul Qadar-Mu. Mungkin untuk yang pertama kali, dan mungkin untuk sekali-kalinya dalam hidup ini.
Karena aku tidak tahu apakah tahun depan bisa berjumpa Ramadhan lagi dan berjuang bersama mendapaat anugerah-Mu itu.

Dari sebuah sumber … yang menggores kalbu.

5 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. speechless… i was even worse than yours but i can still laugh and smile. what kind of man i am…

  2. ratnaaaa…. apa kbr, dek?

    ini yustika yg waktu itu ktmu di experd. masih inget nggak? nih dah kukunjungi blogmu, kpn2 visit ke blogku juga ya…

    nice to know u…

  3. Alhamdulillah, ana bikhoir🙂 … iya mbak inget .. makasih ya dah dikunjungi🙂
    Masih inget kok… inget bgt .. :P… ya moga kita diberi yg terbaik …
    Blog mbak lucu … merah muda … gambar atasnya itu juga lucu… sang suami memberi cinta pada istrinya, Cinta mencintai karena Allah …:)

  4. dari tanggal postnya, tulisan ini sepertinya udah lama banget yaa…
    sekarang Ramadhan sudah kembali, ya Ramadhan tahun 2010.. mari kita jaga puasa dan solat kita

  5. thank artikelnya bagus


Leave a Reply

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

